PROGRAM INTENSIF SAINS ( OLIMPIADE DAN KIR ) SMA SAINS AL-QUR'AN YAYASAN PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM | SMA Sains Al-Qur'an

PROGRAM INTENSIF SAINS ( OLIMPIADE DAN KIR ) SMA SAINS AL-QUR'AN YAYASAN PONDOK PESANTREN WAHID HASYIM



PROGRAM INTENSIF SAINS
( OLIMPIADE DAN KIR )


Program unggulan sains merupakan suatu komitmen nyata dalam rangka memunculkan inovasi, kreativitas, dan rasa ingin tahu siswa dibidang sains. Program sains  dirancang sedemikian rupa sesuai dengan kebutuhan. Fokus utama program Sains yakni mewujudkan tercapainya pengembangan diri siswa dalam bidang akademik, ketrampilan memberikan solusi (Problem Solving) melalui penelitian serta analisa, dan kemahiran informasi.
OLIMPIADE

Program Olimpiade menjadikan siswa memiliki disiplin belajar yang lebih baik, meningkatkan kemampuan berpikir analitis dan membuat mereka mendapatkan kesempatan meraih beasiswa pada jenjang yang lebih tinggi.
Tahapan 1: Initiation
Pada awal semester pertama, setiap siswa calon anggota tim Olimpiade akan diikutkan pada program inisiasi atau pengenalan dan mereka akan dipilih lewat beberapa test yang sangat kompetitif.
Tahapan 2: Intensive guidance ( program kontinyu )
Setelah memalui proses identifikasi minat dan kemampuan siswa, siswa akan dikelompokkan dalam kluster-kluster unggulan olimpiade. Selanjutnya akan dilaksanakan pendampingan intensif sains , dalam rangka meningkatkan kemampuan berfikir analitis sesuai dengan kompetensi olimpiade yang telah ditentukan.
Tahapan 3: Delegation
Setelah melewati prpses pendampingan yang kontinyu, sesuai dengan event atau kejuaraan yang ada, akan diadakan screening untuk memutuskan siswa mana yang akan dikirim mengikuti Olimpiade Sains Nasional (OSN) atau kejuaraan lain pada tahun tersebut.


SAINS PROJECT (KIR)

INDIVIDU KREATIF DI BIDANG SAINS
Program ini merupakan bentuk wadah untuk mengapresiasi hasil karya siswa. Program ini bertujuan menanamkan kemampuan siswa dalam meneliti dan menganalisis dibawah bimbingan pendidik dari universitas-universitas ternama yang ada di Indonesia. Setiap siswa didorong untuk menghasilkan proyek ilmiah dalam bentuk "Product Research" yang berguna bagi pengetahuan dan masa depan yang lebih cerah.
Kegiatan proyek sains ini bertujuan mengajak siswa berfikir kritis mencari ide kreatif untuk memecahkan masalah masalah lokal dan global yang sedang mengemuka dalam kehidupan. Melalui para guru yang berpengalaman dan inspiratif siswa dibimbing untuk  mampu mengolah ide kreatif, bekerjasama, melakukan penelitian, menulis laporan ilmiah dan mempresentasikan hasil penelitian ilmiahnya serta menghasilkan produk ilmiah yang bermanfaat.


ALUR KEGIATAN PROYEK SAINS

TAHAP 1 : Sosialiasi program proyek sains
Kegiatan sosialisai program proyek ditujukan kepada siswa baru. Sosialisasi proyek  dilakukan dalam dua tahap. Sosialisasi tahap satu memberikan gambaran alur pelaksanaan kegiatan program proyek sains . Sosialisasi tahap kedua berupa presentasi dari siswa siswi pengurus Student Research diikuti oleh seluruh siswa baru SMA Sains Alqur’an

TAHAP 2 : Pengiriman ide/ proposal proyek
Tahap dua ini dilakukan setelah kegiatan sosialisasi dilakukan. Para siswa Akan melakukan pembinaan secara rutin dengan guru pembimbing sesuai konsentrasi minat ilmiahnya. Pembinaan dilakukan 2 kali dalam seminggu. Diakhir periode matriks (3bulan) setiap kelompok siswa mengumpulkan ide/ proposal proyek sainsnya kepada koordinator proyek SMA Sains Alqur’an.
Pada tahap ini seluruh ide/ proposal yang diajukan oleh siswa akan masuk ke tahap 3.

TAHAP 3 : Presentasi Ide/ Proposal oleh Siswa
Seluruh siswa yang telah mengirimkan Ide/ proposal proyek sains mempresentasikan idenya pada kegiatan “PRESENTASI PROPOSAL”. Pada tahap ini kegiatan dihadiri Guru guru sains dan diikuti oleh seluruh siswa yang telah terdaftar (melaui ide/proposalnya) yang telah masuk. Pada tahap inilah guru guru akan memberikan tanggapan dan saran atas ide-ide kreatif dari siswa siswi    SMA Sains Alqur’an.

TAHAP 4 : Penentuan Supervisor proyek dan kegiatan pembimbingan
Setelah melalui tahap presentasi maka para siswa akan diberikan nama guru yang akan membimbing mereka dalam melakukan kegiatan penelitian proyek sainsnya. Pembimbingan ini dilakukan sampai dengan pelaksanaan lomba tingkat nasional maupun internasional.

TAHAP 5 : Pengiriman Delegasi
Sesuai dengan kejuaraan yang ada akan dipilih kelompok kelompok beserta guru pembimbing  yang akan mewakili SMA Sains Alquran dalam berbagai kejuaraan.


0 comments:

Posting Komentar