kurikulum

PENERAPAN SISTEM PENDIDIKAN SMA SAINS AL QUR'AN


1.      Penerapan Kurikulum Sains Al-qur’an
Kurikulum yang diterapkan di SMA Sains Al Qur'an Wahid Hasyim mengacu kepada Kurikulum Nasional dan kurikulum yang dikembangkan di lingkungan pendidikan Yayasan Pondok Pesantren Wahid Hasyim Yogyakarta.  Konsep pendidikan tersebut ditunjang dengan sistem Boarding. Sistem ini merupakan perpaduan tepat untuk terciptanya sebuah lingkungan pendidikan yang dapat mengembangkan potensi siswa secara komprehensif secaraafektif, kognitif dan psikomotorik yang diaplikasikan dalam pembelajaran kehidupan sehari-hari baik disekolah maupun diasrama ( Learning to live together ). Kurikulum yang diterapkan ini didukung oleh tenaga pendidik profesional menggunakan pendekatan active learning kepada siswa secara efektif dengan dilatih untuk aktif dan kreatif.

2.      Multi Language
      SMA Sains Al Qur'an menerapkan sistem Multi Language (Indonesia, Arab dan Inggris). Dengan penerapan ini siswa akan memiliki self confidence ( percaya diri ) dan kesiapan dalam melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi baik nasional maupun internasional. Dengan mengusai multi language tersebut, siswa mampu melakukan analisa dan memahami lebih luas referensi yang ada dengan bentuk Library Research and Field Research.

3.      International Student's Preparation Program      
      Setiap siswa di SMA Sains Al Qur'an Wahid Hasyim memiliki kesempatan lebih luas untuk melanjutkan pendidikan ke luar negeri. Setiap siswa disiapkan secara intensif ( Spiritual, emotional and knolage ) untuk melanjutkan perguruan tinggi luar negeri.

4.      Project and Science Fair
      Program ini merupakan bentuk wadah untuk mengapresiasi hasil karya siswa dibawah bimbingan pendidik dari universitas-universitas ternama yang ada di Indonesia. Setiap siswa didorong untuk menghasilkan proyek ilmiah dalam bentuk "Product Research" yang berguna bagi pengetahuan.

5.      Habbit Forming
      Penerapan program ini dimaksudkan untuk membentuk siswa yang berkarakter melalui pembiasaan akhlaqul karimah dalam kegiatan sehari-hari.

6.      Graduate Student Profile
      Adapun standar kopetensi lulusan SMA SAINS AL QUR'AN meliputi: 
     Program Wajib

1)      Menguasai sains baik natural science maupun social science secara komprehensif (teori dan praktek).
2)      Menguasai bahas asing secara aktif maupun pasif. Hal ini terwujud dalam penggunaan bahasa asing pada percakakapan sehari-hari dan pencapaian score TOEFL dan TOAFL sesuai tuntutan perguruan tinggi, baik dalam maupun luar negeri.

Program Unggulan.

Adapun program unggulan SMA SAINS AL QUR'AN WAHID HASYIM adalah:

1)  Program Tahfidzul Qur'an. Siswa mampu menghafal minimal 12 juz. Program ini ditargetkan dalam waktu 3 tahun dengan target hafalan minimal 4 juz setiap tahun.
2)      Program Penguasaan Kitab Kuning (turats). Setiap siswa mampu mengkaji kitab kuning (turats), baik dari segi gramatikal bahasa maupun pemahaman kontekstualnya.

7.      Matriculaton Program
      Program ini dilaksanakan dengan memberikan basic keilmuan sehingga siswa memiliki kesiapan dalam mengikuti kurikulum nasional plus yang dicanangkan SMA SAINS AL QUR'AN. adapun bentuk program berupa:
  •  Foreign Language Matriculation (Matrikulasi Bahasa Asing).
  • Boarding School Studies Matriculation (Matrikulasi Muatan Pesantren). Pelaksanaan program matrikulasi dijadwalkan selama 3 bulan pada awal tahun ajaran baru.


8.      Counseling Academic

      Setiap siswa mendapatkan pendampingan secara intensif dengan pola Friendly Approach sampai tingkat individu masing-masing siswa. Pendampingan seperti ini akan memaksimalkan potensi akademik yang dimiliki setiap siswa, baik dari aspek intelektual, emosi, social, fisik maupun moral. Sehingga melahirkan generasi yang berkepribadian,  berkembang secara optimal dan seimbang (learning to be).

0 komentar:

Posting Komentar

Camera is a responsive/adaptive slideshow. Try to resize the browser window
It uses a light version of jQuery mobile, navigate the slides by swiping with your fingers
It's completely free (even though a donation is appreciated)
Camera slideshow provides many options to customize your project as more as possible
It supports captions, HTML elements and videos.