Kurikulum Unggulan Pesantren

Kurikulum Pesantren meliputi tiga hal, yaitu Penguasaan Kajian Keislaman, pembinaan keasramaan, dan pembinaan Kebahasaan dan Sains


Penguasaan Kajian Keislaman


Program Kegiatan
Semua program yang dilaksanakan di  SMA SAINS ALQURAN dalam bidang pembinaan Kajian Keislaman diarahkan pada upaya memunculkan kesadaran, partisipasi, dan tanggungjawab pribadi peserta didik sebagai calon pemimpin masa depan.  Adapun program-program Penguasaan Kajian Keislaman yang secara khusus dikembangkan di SMA SAINS ALQURAN adalah sebagai berikut:

Tahfizhul Quran
Tahfizhul Quran merupakan program Unggulan di SMA SAINS ALQURAN. Kegiatan ini dilaksanakan 5 kali dalam satu pekan, bakda shalat Subuh, yang dibimbing oleh Ustadz/ah Tahfidz, dengan target sasaran yang sudah ditentukan, sesuai jenjang pendidikan para siswa masing-masing. Diharapkan Siswa mampu menghafal minimal 12 juz. Program ini ditargetkan dalam waktu 3 tahun dengan target hafalan minimal 4 juz setiap tahun.
Tajwid dan Tahsinul Quran
Ditujukan agar peserta didik “khatam al-Quran bi an-nazhar” minimal satu kali dalam satu tahun. Dilaksanakan dua kali pada setiap harinya, setelah shalat Subuh dan Maghrib. Kegiatan ini juga untuk membimbing peserta didik yang belum lancar dalam membaca al-Quran.
Tarjamah dan Tafsir al-Quran ( Tajwid dan Tahsinul Quran )
Program ini merupakan upaya untuk mewujudkan generasi bangsa yang memiliki kualitas pemahaman, penghayatan dan pengamalan ajaran agama ( Al-quran ) dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara sesuai dengan Visi SMA Sains Alquran.
Metode yang digunakan menggunakan tafsir tematik, yaitu menghimpun ayat-ayat yang terkait dengan sebuah tema sains ( ayat kauniyah ) dan menganalisanya secara komprehensif dengan pendekatan ilmiah sehingga dapat ditemukan pandangan Al-Quran yang utuh menyangkut persoalan tersebut. Sehingga diharapkan siswa mampu menguasai persoalan kebahasaan Alquran  dan hal-hal lain yang terkait dengan penafsiran dan mampu menguasai persoalan persoalan saintifik seperti fisika, biologi, kimia, geologi, astronomi dan lainya.
 Kajian Keislaman Pesantren (Qira’atul Kutub)
Kajian Kitab Kuning (Qira’atul Kutub) merupakan program Unggulan di SMA SAINS ALQURAN. Kajian kitab kuning dilaksanakan secara Sorogan (privat) dan Bandongan (kolektif). Diharapkan melalui program ini setiap siswa mampu mengkaji kitab kuning (turats), baik dari segi gramatikal bahasa maupun pemahaman kontekstualnya.


Pembinaan Keasramaan

Program
Pembinaan Imam Shalat
Ditujukan agar para siswa mempunyai bekal yang cukup untuk menjadi imam kelak di masyarakat. Setelah terjadwal siswa menjadi imam, mereka diberi kesempatan untuk menjadi imam pada shalat fardhu.
Pembinaan Dzikir dan Doa
Program ini meliputi pembiasaan wirid dan dzikir setelah sholat dan siswa mengetahui , menghafal serta mengamalkan doa doa harian. Kegiatan dilaksanakan setelah shalat fardhu berjamaah.
Pembinaan Tausyiah
Untuk memberikan kecakapan menyampaikan gagasan atau ide, siswa dibimbing untuk mengisi kultum setelah jamaah Magrib pada jadwal-jadwal yang telah ditentukan. Mereka dilatih dan dibimbing terlebih dahulu oleh para pembina. Setiap siswa mendapat kesempatan satu kali untuk tampil di mimbar.
Taushiah
Adalah kegiatan yang diberikan kepada peserta didik untuk memberi landasan yang kokoh pada aspek sejarah kebudayaan islam dan aqidah. Kegiatan ini dilaksanakan di Asrama, yang diberikan oleh Pembina atau guru yang bertugas. Terjadwal minimal diadakan satu kali dalam satu pekan.
Simaan Alquran
Kegiatan ini dilaksanakan satu kali dalam satu pekan, secara bersama-sama peserta didik dan pendidik melangsungkan Simaan Alquran sebagai wujud semangat melestarikan kecintaan pada al-Quran. Dalam kegiatan ini, siswa yang telah melaksanakan program tahfidz secara bergilir akan disimak hafalan dan bacaanya.
Pembinaan Santri Pengurus Asrama ( RUSANTA/I )
Dalam rangka menyiapkan generasi yang memiliki jiwa kepemimpinan serta kepedulian yang tinggi, maka siswa dilibatkan aktif dalam upaya mengelola lingkungan dan kehidupan asrama agar nyaman dan sesuai dengan atmosfir pendidikan.

Pembinaan Kebahasaan dan Sains


Tujuan
  • Meningkatkan dan mengembangkan kemampuan berbahasa asing dan sains peserta didik untuk menunjang proses pembelajaran.
  • Meningkatkan memiliki self confidence ( percaya diri ) dan kesiapan dalam melanjutkan jenjang pendidikan yang lebih tinggi baik nasional maupun internasional
  • Menguasai sains baik natural science maupun social science secara komprehensif

 Program
  • Bimbingan Belajar Mata pelajaran Sains
  • Forum Group Discussion
  • Pidato (muhadharah) atau Speech Presentation
  • Lomba Pidato Tiga Bahasa
  • Broadcast (siaran radio berbahasa Inggris dan Arab)
  • Pengumuman
  • Pemasangan Pamflet Wise Word
  • Klub Bahasa

0 komentar:

Posting Komentar

Camera is a responsive/adaptive slideshow. Try to resize the browser window
It uses a light version of jQuery mobile, navigate the slides by swiping with your fingers
It's completely free (even though a donation is appreciated)
Camera slideshow provides many options to customize your project as more as possible
It supports captions, HTML elements and videos.