Minggu, 28 Mei 2017

KULIAH TAMU SAINS DAN TEKNOLOGI






Artificial Intelegence Era

Pada tanggal 11- 14 Mei 2017 SMA Sains Al-Quran telah mengadakan Annual Celebration of Sains Qur’an (ACSQ) dengan tema “The Youth Spirit of Sains Qur’an”. Sebagai pembuka acara yaitu talkshow interaktif siswa berprestasi, kemudian dilanjutkan dengan workshop, pameran dan presentasi projek sains dari siswa yang kemudian ditutup pada hari terakhir dengan acara kuliah tamu dan final penulisan essai.
Kegiatan kuliah tamu ini menghadirkan pembicara Ibu Faizah, S.Kom., M.Kom. selaku dosen sekaligus kepala laboratorium komputer FMIPA UGM beserta 15 mahasiswa asisten laboratorium dari Depertemen Ilmu Komputer dan Elektronika FMIPA UGM. Dengan mengambil tema Artificial Intelegence Era, diharapkan siswa-siswi dapat mengetahui bagaimana penerapan kecerdasan buatan atau Artificial Intelegence (AI) dalam hal-hal sederhana dikehidupan sehari-hari, contohnya aplikasi-aplikasi pada smartphone yang tanpa disadari telah menerapkan AI meskipun dalam bentuk sederhana. Disamping itu, siswa-siswi SMA Sains Al-Qur’an juga diajak untuk memahami elektronika dasar melalui workshop yang sebelumnya juga telah dilaksanakan. Kegiatan ini pun dipandu oleh 15 Mahasiswa Ilmu Komputer dan Elektronika FMIPA UGM dalam bentuk praktikum sederhana dengan membagi siswa kedalam 10 kelompok. Selama kegiatan berlangsung para siswa belajar bersama tentang bagaimana mengimplentasikan gerbang logika Boolean pada rangkaian elektronik dengan menggunakan IC dan LED. Sekaligus mempresentasikan apa yang mereka pelajari.
Kegiatan stadium general ini merupakan bentuk nyata kerjasama antara SMA Sains Al-Qur’an dengan Universitas Gadjah Mada (UGM) sebagai lembaga pendidikan yang memiliki networking (jaringan) yang luas dengan universitas-universitas unggulan di Yogyakarta, maupun Nasional. Kerjasama ini merupakan komitmen bersama baik dari pihak Perguruan Tinggi maupun SMA Sains Al-Qur’an untuk mengembangkan potensi siswa serta peningkatan mutu pendidikan sehingga mampu menumbuhkan motivasi belajar dan melanjutkan pendidikan menuju jenjang yang lebih tinggi, sehingga SMA Sains Al-Qur’an merupakan jembatan emas bagi siswa untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi negeri dan memiliki keterampilan serta masa depan yang cemerlang.
Beberapa tahun terakhir persaingan dunia global semakin ketat, sehingga orientasi pendidikan harus ekstra hati-hati dalam menentukannya. Sains dan agama merupakan kesatuan utama karena menjadi unsur penting dalam kemajuan peradaban. Terwujudnya generasi yang memiliki kapasitas mengintegrasikan Sains dengan visi Al-Qur’an adalah tahapan yang harus dicapai untuk mewujudkan Islam Indonesia yang memiliki peradaban unggul di zamannya. Melalui integritas Sains dan Al-Qur’an ini, Islam pernah menyinari dunia selama 7 abad lamanya. Demikian yang disampaikan oleh Bapak Kepala SMA Sains Al-Qur’an, Bp. Mahfudl Sidiq Muhayyat, S.T. dalam sambutannya pada acara Annual Celebration of Sains Qur’an (ACSQ) di Auditorium SMA Sains Al-Qur’an.

Agus Rizal

Author & Editor

Admin SMA Sains Al-Qur'an

0 komentar:

Posting Komentar